Menginstal CyanogenMod 7 Pada Sony Ericsson Xperia Mini

Posted on
  • Selasa, 13 November 2012
  • by
  • Dewa DeeGee
  • in
  • Label:
  • Terimakasih kepada Januar Kresnamurti karena telah memberikan ijin untuk mengoprek Xperia Mininya. Sebenernya sih, dia minta tolong untuk mengganti rom hapenya dan rom yang sekarang akan saya jelaskan cara menginstalnya adalah CyanogenMod 7.

    Pertama, yang harus kalian siapkan terlebih dahulu adalah tentunya:

    1. File .zip CyanogenMod 7 untuk Xperia Mini, bisa dicari di get.cm. Nama Xperia Mini di sana adalah "smultron". Kalau mau yang bener pake yang versi stable (bukan nightly).
    2. File .zip Gapps untuk Gingerbread, silakan googling untuk mencarinya.
    3. Xperia Mini kalian sudah harus memiliki ClockWorkMod Recovery
    4. Flashtool untuk flashing kernel.
    Setelah semuanya siap, kita ekstrak dulu kernel CM7nya dari file .zip CM7 tadi. Filenya namanya boot.img. Lalu copy file .zip CM7nya ke sdcard kalian, ini penting! Jangan sampai lupa!


    Copy file boot.img tadi ke folder Flashtool kalian, supaya tidak repot. Tapi kalau mau disimpen di folder tertentu sih gak apa, yang penting inget aja nanti. Di folder Flashtool ada folder driver, instal semua driver yang ada di sana. Setelah terinstal, hubungkan Xperia Mini ke mode fastboot (dalam keadaan mati, colokkan kabel data ke PC sambil menekan tombol volume up). 


    Lalu, tekan gambar petir yang ada pada pojok kiri atas, lalu masuk ke Fastboot mode. Akan keluar beberapa menu, lalu pilih menu flashing kernel.


    Setelah menekan menu flashing kernel tadi, carilah file boot.img yang telah diekstrak tadi dan proses flashing akan segera dimulai. Dengan ini, kernel CM7 tadi telah diflash dengan baik. 

    Apa tujuan dari flashing kernel ini? Mungkin yang sudah pernah ganti cusrom di Samsung, akan mengira dengan langsung flashing file .zip romnya melalui CWM akan bekerja. Tapi pada perangkat Sony, kita harus flash kernelnya dulu, jika tidak, romnya tidak akan booting.

    Masih belum selesai, sekarang proses flashing romnya akan dimulai. Masuk ke CWM, kalau belum tau caranya, dalam keadaan mati, hidupkan lalu tekan secara beruntun tombol volume down sampai menu CWM keluar. Lalu wipe data, wipe cache, dan wipe dalvik cache. Lalu pilih instal zip from sdcard dan pilih file .zip CM7 tadi. Proses ini agak lama, setelah selesai, reboot system dan CM7 akan terinstal pada Xperia Minimu! :D

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Silahkan tinggalkan komentar dengan mengisi kolom berikut. Berkomentarlah dengan santun tanpa unsur SARA. Terima Kasih :)

     
    Copyright (c) 2012 - 2013 RPLCamp SMKN 1 Denpasar
    Design and Content by RPLCamp Journalistic Team