Dua Server Untuk Kita

Posted on
  • Sabtu, 01 September 2012
  • by
  • Dewa DeeGee
  • in
  • Label: ,

  • SMK Negeri 1 Denpasar merupakan sekolah kategori besar yang memiliki fasilitas yang super lengkap. Terutama fasilitas akses internet. Di sekolah yang sempat bernama STM Negeri Denpasar ini , terdapat banyak jaringan Wi-Fi (Wireless Fidelity) yang dapat diakses di sekitar areal sekolah. Sayang seribu sayang , tidak semua jaringan wireless dapat digunakan secara leluasa. Banyak yang telah diproteksi dengan password. Walaupun sudah masuk dengan password , kita masih kurang leluasa menggunakannya. Terutama dalam hal kecepatan akses, lambat. Bagaimana tidak ? Jaringan Wi-fi di sekolah ini digunakan oleh lebih dari 1000 orang siswa.

     Melihat dari keadaan itu , Ketua Kelas “Marta” dan juga Bendahara “DeGe” menggagas adanya jaringan Wi-fi khusus untuk kelas X RPL 2. Server dari wi-fi ini menggunakan fasilitas “Tethering” atau “Portable Hotspot” dari OS Android. Kelas X RPL 2 sudah menggunakan 2 Server Android yang masing-masing dipegang oleh Dewa Satya dan Dharmana Cyberholic. Dewa Satya menghandle siswa dari nomor absen 1 – 15. Sedangkan server kedua yang dipegang Dharmana , menghandle siswa dari nomor absen 16 – 30. Jaringan ini menggunakan paket Kuota Bulanan INDOSAT seharga Rp.25.000. Kuota sebesar 0,5 GB/server ini harus dibagi oleh 15 orang siswa. Dikarenakan kuota yang terbatas , siswa tidak diperbolehkan mengakses streaming youtube , bermain game online , ataupun download file-file besar. Maksimal ukuran download file yang diperbolehkan adalah 3 MB saja.

    Wi-fi ini diusahakan digunakan untuk kepentingan pembelajaran dikelas. Darimana datangnya dana untuk pembelian KUOTA ? Setiap bulannya , pengurus kelas berencana untuk memungut iuran keperluan kelas yang nantinya sebagian akan digunakan untuk pembelian kuota internet. Untuk menjaga wi-fi dari pengguna luar yang tidak dikenal , jaringan telah diproteksi dengan kata sandi yang setiap harinya diganti oleh operator. Jadi , hanya orang yang tahu kata sandi saja yang bisa mengakses jaringan wi-fi kita. Sekian dan terima kasih. Mari bersama saling mengawasi penggunaan jaringan wireless kita. Karena ini dari kita dan untuk kita juga.

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Silahkan tinggalkan komentar dengan mengisi kolom berikut. Berkomentarlah dengan santun tanpa unsur SARA. Terima Kasih :)

     
    Copyright (c) 2012 - 2013 RPLCamp SMKN 1 Denpasar
    Design and Content by RPLCamp Journalistic Team