Komponen Dasar Komputer

Posted on
  • Sabtu, 01 September 2012
  • by
  • Dewa DeeGee
  • in
  • Label:

  • Kata komputer sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika. Tapi tahukah anda, ada 3 komponen yang menjadi dasar dari komputer itu sendiri, yaitu :
    • Hardware

    Perangkat Komputer
    Hardwaremungkin orang awam mengenalnya dengan nama perangkat keras. Tapi apakah definisi Hardware itu sendiri ? Hardware atau Perangkat keras adalah adalah salah satu komponen dari sebuah komputer yang sifat alatnya bisa dilihat dan diraba secara langsung atau yang berbentuk nyata, yang berfungsi untuk mendukung proses komputerisasi. Nah, perlu anda ketahui juga, di dalam Perangkat Keras ini juga terdapat beberapa Device (unit), yaitu:
    • Input Device (Unit Masukan)
    Gambar
    Input Device atau Unit Masukan adalah suatu unit yang  berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah dan menghasilkan informasi yang diperlukan. Input device juga bisa diartikan sebagai peralatan yang berfungsi untuk memasukkan data kedalam computer. Nah, ini juga ada beberapa Hardware yang berfungsi sebagai Unit Masukan:
         a. Keyboard
    Keyboard adalah unit masukan yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file. Jenis-Jenis Keyboard, yaitu:
    • QWERTY
    Gambar
    • DVORAK
    Gambar
    • KLOCKENBERG
    Gambar
    • ALPHABETIC
    Gambar
        b. Mouse
    Gambar
    Mouse adalah salah unit masukan yang berfungsi untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard. Mouse mulai digunakan secara maksimal sejak sistem operasi telah berbasiskan GUI (Graphical User Interface). Bentuk tetikus yang paling umum mempunyai dua tombol, masing-masing di sebelah kiri atas dan kanan atas yang dapat ditekan. Walaupun demikian, komputer-komputer berbasis Macintosh biasanya menggunakan tetikus satu tombol.
       c. Joystick dan Paddle Games
    Gambar
    Joy Stick dan Paddle Games biasa digunakan pada permainan (games) komputer. Joy Stick biasanya berbentuk tongkat, sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer.
     d. Scanner
    Gambar
    Scanner adalah sebuah alat yang dapat berfungsi untuk meng-copy atau menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memori komputer. Dari memori komputer selanjutnya, disimpan dalam harddisk ataupun floppy disk. Fungsi scanner ini mirip seperti mesin fotocopy, perbedaannya adalah mesin fotocopy hasilnya dapat dilihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya dapat ditampilkan melalui monitor terlebih dahulu sehingga kita dapat melakukan perbaikan atau modifikasi dan kemudian dapat disimpan kembali baik dalam bentuk file text maupun file gambar.
    Selain scanner untuk gambar terdapat pula scan yang biasa digunakan untuk mendeteksi lembar jawaban komputer. Scanner yang biasa digunakan untuk melakukan scan lembar jawaban komputer adalah SCAN IR yang biasa digunakan untuk LJK (Lembar Jawaban Komputer) pada ulangan umum dan Ujian Nasional. Scan jenis ini terdiri dari lampu sensor yang disebut Optik, yang dapat mengenali jenis pensil 2B. Scanner yang beredar di pasaran adalah scanner untuk meng-copy gambar atau photo dan biasanya juga dilengkapi dengan fasilitas OCR (Optical Character Recognition) untuk mengcopy atau menyalin objek dalam bentuk teks.
    5. Web Cam
    Gambar
    Webcam atau web camera adalah sebuah kamera video digital kecil yang dihubungkan ke komputer melalui port USB ataupun port COM. Fungsinya untuk mengambil gambar, membuat video atau video call dengan menggunakan software yang tersedia untuk menghubungkan dengan hardware yang satu ini.
    • Output Device (Unit Keluaran)
    Gambar
    Nah, barusan kita udah bahas hardware dan input device yang gak akan habis – habisnya dijelasin, karena input device gak cuma segitu, tapi masih banyak banget, kami hanya bisa menjelaskan beberapa dari hardware.
    Sekarang kita balik ke hardware tapi berbeda unit, yaitu Output Device atau Unit Keluaran. Output Device sendiri adalah suatu unit yang berfungsi untuk mengeluarkan hasil pemrosesan ataupun pengolahan data yang berasal dari CPU kedalam suatu media yang dapat dibaca oleh manusia berupa Gambar, Tulisan, Suara, dan Bentuk yang dapat dibaca oleh mesin (machine-readable form). Sama halnya dengan Input Device, Output Device juga memiliki beberapa hardware yang berfungsi sebagai Output Device, yaitu :
    1. Hardcopy Device
    Hardcopy Device merupakan alat keluaran yang digunakan untuk mencetak tulisan, grafik, atau gambar pada media pencetak. Berikut ini beberapa jenis dari Hardcopy Device.
    • Printer
    Gambar
    Printer atau pencetak adalah salah satu perangkat yang dikoneksikan ke komputer berfungsi untuk menghasilan cetakan baik tulisan maupun gambar dari komputer pada media kertas atau yang sejenisnya.
    Printer biasanya terbagi atas beberapa bagian, yaitu picker sebagai alat mengambil kertas dari tray. Tray ialah tempat menaruh kertas. Berikut juga revolusioner dari printer.
       
        a. Printer Dot Matrix
    GambarJenis Printer Dot Matrix merupakan printer yang metode pencetakannya menggunakan pita. Cetakan yang dihasilkan terlihat seperti titik titik yang saling mengubungkan satu dengan yang lainnya, sehingga hasil cetakan kurang halus dan juga kurang bagus.
        b. Printer Ink Jet
    Gambar
    Jenis Printer Ink jet merupakan jenis printer yang metode pencetakannya menggunakan tinta cair. hasil cetak yang dihasilan oleh jenis printer Ink jet lebih bagus dan halus jika dibandingkan dengan jenis printer dot matrix, jenis printer ink jet ini juga bisa menghasilan hasil cetakan warna.
        c. Printer Laser Jet
    Gambar
    Jenis Printer Laser jet merupakan jenis printer yang metode pencetakannya tinta bubuk atau yang biasa disebut toner dengan menggunakan perangkat infra merah. selain hasil cetak yang lebih bagus jika dibandingkan dengan jenis printer dot metrix maupun ink jet, printer laser jet juga memiliki kecepatan pencetakan yang tinggi dan hasil cetaknya pun juga lebih cepat kering seperti pada hasil cetak pada mesin photo copy.
    • Plotter
    Gambar
    Plotter adalah Printer grafis yang menggambar dengan menggunakan pena-pena tinta, plotter juga merupakan perangkat output pertama yang mampu mencetak gambar berukuran gambar sebesar gambar arsitektur dan engineering. Plotter biasanya juga bergabung fungsinya sebagai cutting, yaitu memotong kertas, terutama untuk pemotongan stiker, dan masih banyak yang lainnya.

        2. Softcopy Device
    Softcopy Device merupakan alat yang digunakan untuk menampilkan tulisan, image, dan suara pada media soft (lunak) yang berupa sinyal elektronik. Berikut ini beberapa jenis dari Softcopy Device.

    • Monitor
    Monitor merupakan alat yang digunakan untuk menampilkan tulisan, image, dan suara pada media soft (lunak) yang berupa sinyal elektronik. Monitor disebut juga layar penampil yaitu salah satu perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan segala jenis kegiatan baik data maupun informasi yang diproses oleh komputer baik itu data yang masuk maupun keluar dari komputer. Berikut ini merupakan jenis – jenis dari monitor.
         a. Cathode Ray Tube
    Gambar
    Jenis monitor CRT menggunakan layar penampil berupa tabung sinar katoda. Teknologi ini memunculkan tampilan pada monitor dengan cara memancarkan sinar elektron ke suatu titik di layar. Sinar tersebut akan diperkuat untuk menampilkan sisi terang dan diperlemah untuk sisi gelap. Teknologi CRT merupakan teknologi termurah dibanding dengan kedua teknologi setelahnya. Meski demikian resolusi yang dihasilkan sudah cukup baik untuk berbagai keperluan. Hanya saja energi listrik yang dibutuhkan cukup besar dan memiliki radiasi elektromagnetik yang cukup kuat.

         b. Liquid Crystal Display (LCD) atau Flat Display Panel (FDP)
    Gambar
    Jenis Monitor LCD tidak lagi menggunakan tabung elektron tetapi menggunakan sejenis kristal liquid yang dapat berpendar. Teknologi ini menghasilkan monitor yang dikenal dengan nama Flat Panel Display dengan layar berbentuk pipih, dan kemampuan resolusi yang lebih tinggi dibandingkan dengan CRT. Karena bentuknya yang pipih, maka monitor jenis flat tersebut menggunakan energi yang kecil dan banyak digunakan pada komputer-komputer portabel. Nah biar kalian tau juga, Liquid Display Crystal ini punya banyak lapisan, yaitu : 
    -      Polaroid belakang
    -      Elektroda belakang
    -      Plat kaca belakang
    -      Kristal Cair
    -      Plat kaca depan
    -      Elektroda depan
    -      Polaroid depan
         c. Plasma Gas atau Organic Light Emitting Diode (OLED)
    Gambar
    Jenis Monitor OLED menggabungkan teknologi CRT dengan LCD. Dengan teknologi yang dihasilkan, mampu membuat layar dengan ketipisan menyerupai LCD dan sudut pandang yang dapat selebar CRT. Plasma gas juga menggunakan fosfor seperti halnya pada teknologi CRT, tetapi layar pada plasma gas dapat perpendar tanpa adanya bantuan cahaya di belakang layar.
    • Speaker
    Gambar
    Speaker/loudspeaker atau pengeras suara adalah sebuah perangkat elektronika yang berfungsi mengubah sinyal listrik (elektrik) menjadi sinyal audio sehingga dapat kita dengar sebagai suatu bunyi. Bunyi pada speaker dihasilkan dari sebuah magnet, kumparan, dan membran (selaput) yang akan bergetar seiring dengan sinyal elektrik yang melewati sebuah kumparan didalamnya.
    • Driver Device
    Driver Device adalah Perangkat lunak yang mengatur dan mengendalikan kinerja dari senuah perangkat keras. Biasanya driver diperoleh dari vendor sebuah perangkat keras. Macam –  macam Driver yang perangkatnya sering membutuhkan instalasi driver, yaitu: 
      a. VGA Card
    Gambar
    VGA atau Video Graphics Adapter, adalah standar tampilan komputer analog yang dipasarkan pertama kali oleh IBM pada tahun 1987. Walaupun standar VGA sudah tidak lagi digunakan karena sudah diganti oleh standar yang lebih baru, VGA masih diimplementasikan pada Pocket PC.

       b. Sound Card
    Gambar
    Sound Card atau Kartu Suara adalah suatu perangkat keras komputer yang digunakan untuk mengeluarkan suara dan merekam suara. Pada awalnya, Sound Card hanyalah sebagai pelengkap dari komputer. Namun sekarang, sound card adalah perangkat wajib di setiap komputer. Dari cara pemasangannya, sound card dibagi 3:
    • Sound Card Onboard, yaitu sound card yang menempel langsung pada motherboard komputer.
    • Sound Card Offboard, yaitu sound card yang pemasangannya di slot ISA/PCI pada motherboard. Rata-rata, sekarang sudah menggunakan PCI
    • Soundcard External, adalah sound card yang penggunaannya disambungkan ke komputer melalui port eksternal, seperti USB atau FireWire
    • Software
    Gambar
    Nah, gimana nih menurut kalian artikel tentang Perangkat Keras bersama Input, Output, dan Drive Device ? Semoga bermanfaat deh buat kalian yang butuh, sekarang kita pindah materi nih,masih tentang komputer juga, tapi ini tentang Perangkat Lunak atau Software, buat kalian para rekayasawan perangkat lunak harus mantengin artikel ini.
    Software Komputer atau Perangkat Lunak adalah sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yang disimpan oleh komputer itu dapat berupa program atau instruksi yang akan menjalankan suatu perintah. Berikut ini adalah jenis – jenis dari Software Komputer.
        1. Perangkat Lunak Sistem Perangkat Lunak Sistem adalah suatu istilah genetik yang merujuk pada jenis perangkat lunak komputer yang mengatur dan mengontrol perangkat keras sehingga perangkat lunak aplikasi dapat melakukan tugasnya. Adapun fungsi utama sistem operasi adalah :
    • Menyimpan program dan aksesnya
    • Membagi tugas di dalam CPU
    • Mengalokasikan tugas-tugas penting
    • Merekam sumber-sumber data
    • Mengatur memori sistem termasuk penyimpanan, menghapus dan mendapatkan data
    • Memeriksa kesalahan sistem
    • Multitugas pada OS/2″, Windows ’95″, Windows ’98″, Windows NT”, /2000/XP
    • Memelihara keamanan sistem,   khusus pada jaringan yang membutuhkan kata sandi (password) dan penggunaan ID
    Selain itu, Secara umum Sistem Operasi terdiri dari beberapa bagian, yaitu:
    • Boot, yaitu meletakkan kernel ke dalam memory
    • Kernel, yaitu inti dari sebuah Sistem Operasi
    • Shell atau Command Interpreter, yang bertugas membaca input dari pengguna
    • Library, yaitu yang menyediakan kumpulan fungsi dasar dan standar yang dapat dipanggil oleh aplikasi lain
    • Driver untuk berinteraksi dengan hardware eksternal, sekaligus untuk mengontrol mereka.
    Nah, itu baru fungsinya, sekarang kita pindah ke beberapa contoh Software Operating System (OS).
        a. Windows DOS
    Gambar
        b. Macintosh dari Apple
    Gambar
        c. Linux dan Opensource
    Gambar
         2. Perangkat Lunak Aplikasi
    Perangkat Lunak Aplikasi adalah suatu aplikasi perangkat lunak komputer yang memanfaatkan kemampuan komputer langsung untuk melakukan suatu tugas yang diinginkan user. Biasanya, dibandingkan dengan perangkat lunak sistem yang mengintegrasikan berbagai kemampuan komputer, tapi tidak secara langsung menerapkan kemampuan tersebut untuk mengerjakan suatu tugas yang menguntungkan user. Berikut ini macam – macam Software Aplikasi.
    • Aplikasi Perkantoran : Microsoft Office (MS. Word, MS Excel, MS. Powerpoint)
    • Aplikasi grafis : CorelDraw, Photoshop, ACDsee
    • Aplikasi Multimedia : Windows Media Player, Winamp, PowerDVD, Klite
    • Aplikasi Browser : Mozilla Firefox, Google Chrome, Internet Explorer
    • Aplikasi Programming : Visual Studio, Delphi, C++ Builder
    • Aplikasi Web Designer : Dreamweaver, Frontpage
         3. Perangkat Lunak Bahasa Pemrograman
    Perangkat Lunak Bahasa Pemrograman adalah software bahasa komputer yang digunakan dengan cara merancang atau membuat program sesuai dengan struktur dan metode yang dimiliki oleh bahasa program itu sendiri. 
    Ada 3 level Bahasa Pemrograman, yaitu :
    • Bahasa tingkat rendah (low level language)
        Gambar
    Bahasa Mesin (Assembler)
    Bahasa ini disebut juga Bahasa Mesin (assembler), dimana pengkodean bahasanya menggunakan kode angka 0 dan 1.
    • Bahasa tingkat tinggi (high level language)
    Gambar
    Bahasa Pemrograman Pascal
    Bahasa ini termasuk dalam bahasa pemrograman yang mudah dipelajari oleh pengguna komputer karena menggunakan bahasa Inggris. Contohnya : BASIC, COBOL, PASCAL, FORTRAN.
    • Bahasa generasi keempat (4 GL)
    Gambar
    Bahasa Pemrograman Visual Basic C++
    Bahasa pemrograman 4 GL (Fourth Generation Language) merupakan bahasa yang berorientasi   pada objek yang disebut Object Oriented Programming (OOP). Contoh software ini adalah : Visual Basic, Delphi, Visual C++
    • Brainware
    Gambar
    Brainware adalah setiap orang yang terlibat dalam kegiatan pemanfaatan komputer/sistem pengolahan data. Brainware merupakan sumber inspirasi utama bagi terbentuknya suatu sistem komputer. Brainware ada digolongkan menjadi 4 berdasarkan pemanfaatannya terhadap komputer, yaitu: 
    a. System Analyst : Penanggung jawab dan perencana sistem dari sebuah proyek pembangunan sebuah sistem informasi khususnya yang memanfaatkan komputer.
    b. Programmer : pembuat dan petugas yang mempersiapkan program yang dibutuhkan pada sistem komputerisasi yang dirancang
    c. Administrator : seorang yang bertugas mengelola suatu sistem operasi atau program – program yang berjalan pada sebuah sistem/komputer. 
    d. Operator : Pengguna biasa, hanya memanfaatkan sistem komputer yang sudah ada.
    Nah, inti dari artikel ini adalah semua perangkat yang ada dan tersambung pada perangkat komputer itu harus saling berhubungan atau terkoneksi, jika satu komponen saja tidak terhubung atau terkoneksi, maka proses komputerisasi akan terganggu, atau mungkin akan bisa menghambat pekerjaan.
    Semoga artikel ini bermanfaat untuk pembelajaran dimanapun readers berada. Sekian dan Terima Kasih.

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Silahkan tinggalkan komentar dengan mengisi kolom berikut. Berkomentarlah dengan santun tanpa unsur SARA. Terima Kasih :)

     
    Copyright (c) 2012 - 2013 RPLCamp SMKN 1 Denpasar
    Design and Content by RPLCamp Journalistic Team