Menjalankan Program Windows Di Ubuntu

Posted on
  • Minggu, 07 Oktober 2012
  • by
  • Dewa DeeGee
  • in
  • Label: , ,


  • Halo pengguna Ubuntu, pernah nggak ketika kalian sedang butuh-butuhnya menggunakan sebuah program berekstensi .exe di Ubuntu kalian? Tentunya akan jadi repot banget kan? Tapi sekarang, saya akan menjelaskan bagaimana cara menjalankan program-program Windows di Ubuntu. Tentunya kalian perlu PC yang terhubung ke internet untuk melakukan proses download file-file yang dibutuhkan.

    Tidak hanya menjalankannya. Saya akan menjelaskan cara menjalankan program tersebut dengan menggunakan graphic card (kalau ada di PC kalian). Laptop saya adalah Asus A43SD yang memiliki 2 graphic card, yaitu Intel Sandybridge Mobile x86 dan Nvidia Geforce GT-610M. Tapi ketika menginstal Ubuntu, yang terbaca hanyalah si Intel. Dan ketika memerlukan program yang berjalan dengan efek 3D jadi ngelag deh. Lalu saya browsing-browsing untuk mencari cara pemecahannya. Ada 2 program yang sangat membantu di sini, yaitu WineHQ dan Bumblebee.

    WineHQ adalah program yang dapat menjalankan program-program Windows di Ubuntu. Lalu Bumblebee membantu kita menjalankan program dengan graphic card kedua kita. Baiklah, sekarang kita belajar cara menginstalnya dulu, buka terminal dan ketikkan perintah di bawah ini:

    sudo add-apt-repository ppa:ubuntu-wine/ppa

    Lalu,

    sudo apt-get update

    Terakhir

    sudo apt-get install wine1.5

    Perintah-perintah di atas memerlukan akses internet. Karena perintah di atas adalah perintah untuk menginstall WineHQ di Ubuntu kalian. Tentunya downloadnya memerlukan waktu. Lalu sekarang kita instal Bumblebeenya dengan perintah ini:

    sudo add-apt-repository ppa:bumblebee/stable

    Lalu

    sudo apt-get update

    Dan terakhir

    sudo apt-get install bumblebee bumblebee-nvidia

    Ya, sekarang kedua program tersebut sudah terinstal di PC kalian. Sekarang kita akan belajar menjalankan program-program Windows dengan graphic cardnya. Sebelumnya, akan saya beritahu untuk menjalankan sebuah program menggunakan graphic card kedua, harus menggunakan perintah optirun, seperti misalnya Mozilla Firefox, untuk menjalankannya dengan graphic card kedua menggunakan perintah seperti di bawah ini:

    optirun firefox 

    Dan sebelum menjalankan program Windows, kita harus mengetes graphic card kedua apakah sudah bekerja dengan baik atau belum. Cara mengujinya adalah dengan menjalankan perintah 

    glxgears

    Lalu lihat di terminal, berapa fps kah yang muncul di sana? Jika tertulis sebanyak 60an, itu wajar, karena kita belum menggunakan perintah optirun untuk glxgears tadi. Lalu coba sekarang jalankan perintah ini:

    optirun glxgears

    Dan sekarang lihat berapa fps yang muncul. Jika yang muncul sudah sampai di atas 600an, berarti graphic card kedua di PC kalian sudah berjalan dengan lancar, hahaha. Sekarang kita akan belajar cara menjalankan program Windows di Ubuntu.

    Pertama, jalankan perintah di bawah ini:

    winecfg

    Lalu masuk ke tab Drives dan tambahkan sebuah drive ke folder manapun yang anda mau, saran saya jadikan folder tersebut sebagai folder "E:", seperti misalnya di laptop saya akan menjadi /home/dewadg/Apps. Lalu letakkan file program .exe tersebut di folder itu, dan apabila nama program tersebut adalah odin.exe. Untuk menjalankannya, ketikkan perintah ini:

    wine E:/odin.exe

    Jika file tersebut sudah muncul, berarti sudah sukses. Lalu jika memerlukan grafis yang berkualitas tinggi, kita tinggal ketikkan perintah optirun di awalnya:

    optirun wine E:/odin.exe

    Bagaimana? Mudah bukan, sekarang kita bisa menjalankan program Windows di Ubuntu kita.


    0 komentar:

    Posting Komentar

    Silahkan tinggalkan komentar dengan mengisi kolom berikut. Berkomentarlah dengan santun tanpa unsur SARA. Terima Kasih :)

     
    Copyright (c) 2012 - 2013 RPLCamp SMKN 1 Denpasar
    Design and Content by RPLCamp Journalistic Team