Pelantikan Pengurus OSIS SMKN 1 Denpasar Periode 2012 - 2013 part 1

Posted on
  • Selasa, 20 November 2012
  • by
  • Marta Adi Putra
  • in
  • Label: ,




  • Kali ini kami akan memberi informasi tentang pelantikan OSIS sekolah tercinta kami, SMKN 1 Denpasar. OSIS tahun ini merupakan OSIS angkatan ke 49. Gak bakal kebayang deh gimana lagi wujud Alumni OSIS kami di angkatan pertama :D Banyak sekali cerita di dalamnya, jangan bosan membacanya ya readers :D

    Pelantikan ini sebenarnya akan dilaksanakan pada tanggal 28 - 29 Oktober 2012, namun karena sekolah kami yang padat akan jadwal kegiatan yang lain, pelantikan OSIS angkatan tahun ini sampai diundur 2 kali, yang kedua itu pada tanggal 3 - 4 November 2012, pada tanggal itu juga jadwal pelantikan diundur dikarenakan banyak pembina OSIS yang sedang melakukan studi banding ke luar negeri, ke luar daerah, dan menemani peserta didik mereka yang mengikuti berbagai macam perlombaan dan olimpiade. 

    Nah, sampailah hari pelantikan itu benar - benar dilaksanakan pada tanggal 10 - 11 November 2012. Disini para calon pengurus OSIS pun dibuat pusing atau istilah kerennya galau karena jadwal pelantikan yang terus diundur dan diundur, bagaimana tidak, saat pelantikan, para calon pengurus OSIS yang berjumlah 65 orang ini diberikan sebuah modul pembelajaran OSIS dan mereka diperintahkan untuk memahami isi dari modul tersebut yang antara lain :
    • Nama Kepala Sekolah;
    • Nama Wakil Kepala Urusan;
    • Bidang Keahlian;
    • Kompetensi Keahlian;
    • Kepala Program Keahlian;
    • Tulisan Sekolah Tentang : Tata Tertib Sekolah, Tata Tertib OSIS, VISI dan MISI sekolah;
    • Pengurus OSIS 3 Periode : Periode 2009 - 2010, Periode 2010 - 2011, dan Periode 2011 - 2012,
    • Mars SMKN 1 Denpasar dan yel - yel paskibraka (karena OSIS SMKN 1 Denpasar wajib mengikuti ekstra paskibraka)
    Itu cuma yang isi dari modul, 2 hari sebelum pelantikan, kira - kira tanggal 8 November 2012 kami dibagikan kepengurusan, pengumuman barang bawaan untuk pelantikan, dan persiapan pentas seni untuk setiap Seksi Bidang. Readers mungkin bisa ngebayangin gimana repotnya nyari 30 barang dari jam 5 sore sampai besok, karena besoknya para senior kami kelas XII akan melakukan pemeriksaan terhadap barang bawaan yang telah diperintahkan sehari sebelumnya.

    Keesokan malamnya merekapun bekerja keras lagi hingga malam untuk menyelesaikan perlengkapan - perlengkapan yang belum terselesaikan. Kira - kira mereka menyelesaikan tugasnya pada pukul 23.30 WITA. Bahkan kamipun mendapat informasi dari sumber terpercaya bahwa salah satu Seksi Bidang menyelesaikan tugasnya pada pukul 02.00 WITA Sabtu subuh. Berikut ini adalah kepengurusan OSIS SMKN 1 Denpasar Periode 2012 – 2013 :

    Ketua Umum                 : Gde Dwipayana Putra
    Wakil Ketua I                 : I Made Hendra Wirastika
    Wakil Ketua II                : Gede Edo Yudi Saputra
    Sekretaris Umum           : I Putu Gede Prana Sanjaya
    Sekretaris I                    : Ni Luh Novi Restiyani
    Sekretaris II                   : Luh Gede Dian Ekayanti
    Bendahara Umum         : Ni Made Hari Purnami
    Bendahara I                   : Ni Gusti Ayu Putu Sari Oktapiani
    Bendahara II                  : Putu Gede Krisna Dewangga
    Koordinator
    Sekbid 1                        : Ni Kadek Sri Mardiani
    Sekbid 2                        : Ni Kadek Yuliana Dewi
    Sekbid 3                        : Jacky Akbar Saputra
    Sekbid 4                        : Ni Gusti Ayu Ngurah Alitia
    Sekbid 5                        : Hafez As’ad
    Sekbid 6                        : I Gede Renaldi
    Sekbid 7                        : Ida Bagus Putu Eka Narayana
    Sekbid 8                        : Anak Agung Gede Agung Pemayun
    Sekbid 9                        : Putu Pipin Purnami
    Sekbid 10                      : Anak Agung Raditya Tanaya

    Tepat hari Sabtu, dimana pengurus OSIS akan berangkat untuk melaksanakan pelantikan, tepat pukul 05.00 WITA semua pengurus OSIS senior dan pengurus OSIS terpilih berkumpul di sekolah. Berikut ini kegiatan selama hari pelantikan pengurus OSIS :



    Disini Pengurus OSIS terpilih melakukan absensi sebelum berangkat dan menunggu rekan – rekan OSIS terpilih maupun senior yang belum datang.






    Setelah itu, mereka diperintahkan untuk membawa barang bawaan ke lapangan basket.





    Namun semua pegurus Osis terpilih, baik dari pengurus inti sampai seksi bidang 10 mendapat hukuman karena lambat membawa barang bawaan dan melewati batas waktu yang diberikan oleh senior yaitu 10 detik.






    Setelah mendapat hukuman, para pengurus OSIS terpilih dan seniorpun melakukan persembahyangan sesuai keyakinan masing – masing.

    Merekapun berangkat menuju Balai Diklat Pendidikan-Pelatihan Transportasi Darat. Sesampainya disana, para pengurus OSIS terpilih saling bekerja sama untuk menurun barang bawaan dan berkumpul sesuai instruksi dari senior.



    Saat berkumpul, pengurus OSIS terpilih diperintahkan untuk memberikan barang berharga miliknya ke senior, agar tidak menganggu proses pelatihan dan pelantikan.





    Setelah mengumpul barang berharga, pengurus OSIS terpilih diperintahkan untuk menaruh barang bawaan pribadi ke tempat yang telah ditentukan untuk beristirahat.





    Lalu pengurus OSIS terpilih dan senior menuju ke padmasana untuk melakukan persembahyangan.








    Setelah melakukan persembahyangan, para pengurus OSIS terpilih kembali ke lapangan untuk menerima pengarahan dari tim pelatih, berupa pengenalan lokasi, kedisiplinan, pembekalan materi tentang Pelatihan Baris – Berbaris.






    Setelah pembekalan, pengurus OSIS terpilih pun melakukan pelatihan dasar kepemimpinan, baris berbaris yang memakan waktu hampir 4 jam.







    Setelah pelatihan, pengurus OSIS terpilih diperintahkan ke lapangan upacara  untuk pelatihan Tata Upacara Sipil (TUS).


    Pemimpin pasukan


    Pengibar bendera


     Paduan Suara


     Peseta Upacara


      Latihan Pengibaran Bendera


     Penghormatan saat pengibaran bendera


    Pembina upacara (kiri).





    Setelah pelatihan Tata Upacara Sipil, Pengurus OSIS terpilih mendapat makan siang. Kali ini bukan makan siang biasa, karena mereka dituntut makan secara cepat, menghabiskan sebungkus nasi dalam waktu 5 menit. Setelah makan, merekapun beristirahat selama 15 menit untuk mempersiapkan kegiatan berikutnya.

    1 komentar:

    adnyana mengatakan...

    selamat di lantik pengurus yg baru http://allianzinfo.blogspot.com/

    Posting Komentar

    Silahkan tinggalkan komentar dengan mengisi kolom berikut. Berkomentarlah dengan santun tanpa unsur SARA. Terima Kasih :)

     
    Copyright (c) 2012 - 2013 RPLCamp SMKN 1 Denpasar
    Design and Content by RPLCamp Journalistic Team