Perbedaan Antara Windows 32 bit dan 64 bit

Posted on
  • Selasa, 12 Februari 2013
  • by
  • Dewa DeeGee
  • in
  • Label: , ,

  • Biasanya permasalahan ini baru muncul ketika mendownload suatu software, tapi tidak kompatibel nih. Apalagi pada laptop yang keluaran tahun lalu sampai tahun ini, mungkin agak banyak problemanya. Laptop-laptop keluaran sekarang sudah dirilis dengan prosesor berbasis 64 bit, namun kebanyakan software-software tertentu hanya berjalan pada 32 bit.

    Lalu sebenarnya apa perbedaannya? Apa anda pernah mendengar tentang komputer untuk desain grafis, server yang selalu menggunakan sistem operasi 64 bit? Mengapa begitu? Keunggulan dari Windows 64 bit adalah salah satunya transfer data yang lebih besar. Hal ini dikarenakan lebar data bus yang lebih lebar, sehingga alokasinya lebih tinggi. Lalu keamanan yang lebih baik, dan yang mungkin sangat diinginkan banyak pengguna adalah dukungan untuk memori yang lebih besar.

    Windows 32 bit maksimal mendukung memori sampai 4GB, sedangkan 64 bit bisa melebihi 4GB. Jadi jangan heran jika Windows kalian 32 bit dan memiliki memori yang lebih dari 4GB, tidak terbaca sampai mendekati angka tersebut. Di laptop saya sendiri, yang memiliki memori 4GB dan menjalankan Windows 8 32 bit, memori hanya terbaca sebanyak 2,66 GB, dan tidak ada masalah jika hanya terbaca segitu.

    Detil sistem Windows 8 saya

    Seperti terlihat di gambar di atas, installed memory-nya adalah 4GB, namun yang usable hanya 2,66GB. Tidak akan penuh digunakan karena telah digunakan oleh sistem Windows itu sendiri. Prosesor saya pun berbasis 64bit, tapi karena keperluan gaming dan software tertentu saya harus menggunakan Windows 32 bit.

    Lalu apa kelemahan dari 64 bit itu? Jika kalian punya modal yang cukup, kelemahan 64 bit ini dapat dikurangi. Windows 64 bit bisa memberikan jumlah memori (ram) lebih banyak, proses lebih cepat, dan beberapa game-game sekarang pun sudah mulai mendukung 64 bit. Bagaimana? Kalo saya, masih cukup betah di 32 karena memori masih cuma 4GB, ada rencana nambah sih, hehehe.

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Silahkan tinggalkan komentar dengan mengisi kolom berikut. Berkomentarlah dengan santun tanpa unsur SARA. Terima Kasih :)

     
    Copyright (c) 2012 - 2013 RPLCamp SMKN 1 Denpasar
    Design and Content by RPLCamp Journalistic Team